Home » » Sisi Lain Raja Ampat, Papua

Sisi Lain Raja Ampat, Papua


Raja Ampat adalah sebuah kabupaten yang terletak di  propinsi Papua Barat. Daerah ini sangat terkenal dengan wisata baharinya yang sangat indah dan mengagumkan. Sejak 2005 kepulauan yang biasa disebut Waisai oleh masyarakatnya ini telah definitif masuk menjadi wilayah pemekaran yang semula menginduk ke kota Sorong. Pemekaran terasa lebih baik sebagai upaya pengembangan daerah yang memang terlalu jauh untuk mengurus berbagai administrasi ke kota Sorong yang waktu tempuh ke sana bisa mencapai 4-5 jam jika menggunakan kapal penyeberangan, atau 2-3 jam kalau memakai speedboat.
Sementara hingga saat ini hanya ada 2 kapal  yang melayani penyeberangan Waisai - Sorong pulang  pergi. Setelah beberapa tahun menjadi kabupaten baru, Raja Ampat makin populer sebagai kawasan wisata bahari. Tidak hanya dikalangan wisatawan Indonesia tapi hingga mancanegara. Keindahan alam pesisir, kepulauan dan alam bawah laut telah menarik begitu banyak pelancong ke sana.
Tapi rupanya kepopuleran Raja Ampat tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan warganya.  Seperti yang saya amati, hingga saat ini sarana dan prasarana kehidupan di Raja Ampat masih sangat minim. Listrik untuk penerangan saja harus dibagi, dijatah 3 hari padam dan 2 hari menyala. Malah kadang hanya menyala satu hari dan selebihnya gelap. Hari ini (15 Maret 2012) saya ketahui bahwa pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) mengalami kerusakan sudah 2 minggu. Hanya di kantor pemerintahan dan beberapa rumah yang menggunakan genset sendiri saja yang menyala.
13317972111722939709
Coretan di kalender kantor Badan Pusat Statistik kabupaten
Tempat pengisian bahan bakar/pom bensin pun hanya satu buah, terletak 400meter dari pelabuhan dan pusat kota. Jarak itu ternyata masih harus ditambah dengan kenyataan bahwa pom bensin tersebut hanya  beroperasi sesekali, lebih sering jadi tempat berteduh dari hujan atau panas bagi mereka yang kebetulan lewat. Maka tidak heran pada keadaan normal bensin bisa di jual dengan harga 8.000 rupiah/liter dan melonjak ke 30.000 ribu jika sulit ditemukan.  Akibatnya masyarakat harus begitu cerdik untuk tetap bisa tahan dalam keadaan ini.

1331797018300829804
Pom bensin yang hanya beroperasi sesekali



Belum lagi surat kabar (biasanya hanya ada koran lokal), pada kantor-kantor pemerintah kabupaten mereka terbiasa menerima koran baru edisi telat satu hari. Pengiriman dari kota Sorong memang siang hari tapi sampai Raja Ampat sore atau malam, lalu akhirnya didistribusikan pada keesokan  hari.
13317971341354039287
Koran baru edisi lama
Hm, semoga  ke depan kabupaten Raja Ampat makin sejahtera hingga keindahan wisata yang tidak dapat terlupa itu tidak sia-sia.
13317973151125287327
Menarsiskan diri sejenak hihi..
13317973781491115311
di depan kantor bupati

3 comments:

  1. bagus sekali info nya sangat bagus info nya
    saya suka sekali info yang anda berikan

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya
    di tunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  3. bagus sekali info yang di sampaikan
    oleh agan terimakasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.