Home » » Manfaat Menulis dan Membaca di Media Online

Manfaat Menulis dan Membaca di Media Online


Dari sekian manfaat menulis dan membaca dalam media cetak, kurang lebih memiliki persamaan dengan manfaat yang ada di media online. Simulasi keadaan tersebut bisa di ketahui dari beberapa manfaat yang sinkron antara keduanya. Analoginya ketika seoarang penulis berita dalam koran misalnya, menuliskan sebuah informasi yang didapat tentang kadaan lingkungan. Otomatis pembaca yang memahami tulisan tersebut akan menerima informasi yang diberikan penulis yang bersangkutan.

Begitupun dalam median online, semua informasi yang dirangkum oleh penulis, akan diterima pembaca. Demikian itu akan tercapai jika penulis mengolah informasi yang dimilikinya sedemikian rupa. Sehingga pembaca akan memahami isi tulisan tersebut. Perbadaan yang paling signifikan antara media online dan cetak adalah fleksibel dan kecepatan waktu. Karna dalam media online, selama penulis dan pembaca memiliki fasilitas (laptop, hand pone dan sebagainya) maka keduanya (penulis dan pembaca) bisa melakukan aktifitas menulis dan membaca dengan waktu sangan cepat. Hal ini tentu berbeda dengan media cetak. Karena dengan membawa beragam buku, koran dan majalah misalnya, akan terasa sangat merepotkan.

Berikut adalah sebagai upaya sinkronisasi dari keduanya. Yang diharapkan bisa menjadi salah satu mediasi untuk melihat sampai sejauh mana manfaat yang kita tulis dalam media online. Karna secara tidak langsung penulis dan pembaca akan mendapatkan manfaat tersendiri dari sebuah tulisan yang dipublikasi secara online tersebut.

Menulis Sebagai Media Hiburan.

Penulis dapat mendapatkan hiburan dari aktifitasnya menulis. Sebagai contoh, stressing/tekanan keluarga, pekerjaan dan sebagainya bisa diekspresikan dalam sebuah tulisan. Baik itu catatan pribadi ataupun karya fiksi yang menggambarkan begitu beratnya tekanan yang dihadapi. Sedemikian ini sangat membantu bagi seseorang yang yang berkepribadian Introvert (cenderung tertutup) karna dengan menulis, dia akan lebih mudah mengeskpresikan kekesalan atau semua beban yang dirasakannya. Karena dengan berbagi tersebut tanpa disadari akan meringankan beban yang dirasakannya.

Menuliskan keindahan alam, hobi dan kesenangan lainnya juga bisa memberikan hiburan bagi penulisnya sendiri. Karena dengan menuliskan kegemarannya, secara otomatis akan mendapatkan kenikmatan atau hiburan dari tulisannya sendiri. Dengan penjiwaan dan perasaan yang dicurahkan dalam karyanya tersebut, penulis bisa mulai merasakan semua keindahan dan kesenangan yang spontan ketika menuliskannya.

Apakah Pembaca Mendapatkan Manfaatnya?

Membaca keluhan tentang tekanan pekerjaan, keluarga dan sebagainya terkadang bisa membuat pembaca menstimulasikan semua keadaan yang tidak harmonis tersebut. Sehingga pembaca bisa menghindari dan mengupayakan supaya tidak mengalami keadaan serupa seperti yang ada dalam bacaanya. Dengan kata lain, keluhan dari pengalaman penulis bisa dijadikan renungan dan pembelajaran bagi pembaca.Sehingga sebelum mengalaminya, pembaca bisa menghindari lebih awal. Karena seperti pepatah bilang “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Beberapa pengalaman pahit TKW Malaysia dan Arab Saudi misalnya, dapat ditemukan dalam postingan di Kompasiana. Dari sana para pembaca tentu akan menyikapainya dengan beragam respon. Antissipasi penipuan yang atas nama biro jasa pekerjaan, birokrasi dan segala jenis pemerasan menjadi poin poin penting yang harus di tempuh secara benar. Sehingga bisa terhindar dari kerugian moril dan material yang besar.

Tulisan pengalaman penulis ketika tertipu oleh pasangannya kerap kali mewarnai media online yang disediakan. Dari sana pembaca bisa mengambil manfaat dengan lebih berhati-hati memberikan kepercayaanya sehingga tidak mendapat penyesalan di kemudian hari.

Adapun mengenai bacaan hiburan baik dalam bentuk humor, dongeng puisi dan sebagainya sudah jelas dapat memberikan manfaat kepada pembaca. Dan itu memang sudah lazim menjadi sebuah hubungan antara penulis dan pembaca pada umumnya.

Nilai tambah yang diperoleh dari manfaat menulis dan membaca melalui media online, adalah bisa berintraksi antara keduanya (penulis dan pembaca). Sehingga pertanyaan, kelanjutan atau awal kisah bahkan validitas dari konten tulisan, bisa dijelaskan secara langsung dan mudah. Dengan catatan penulis dan pembaca bersedia berinteraksi dan fasilitas yang diperlukan memadai.

Sebagai contoh, keluhan yang dirasakan oleh Iffat basheer tentang rasa kecemasannya yang tinggal di Yaman yang di tulis dan dipublikasikan secara online. Dalam kolom komentarnya pertanyaan keadaan terkini menjadi sebuah dialog kelanjutan dari tulisannya. Sehingga keadaan terkini dan keselamatan penulis dapat diketahui secara langsung oleh pembacanya.

Dengan demikian interaksi adalah salah satu manfaat dari menulis dan membaca dalam media online. Maka dari itu alangkah baiknya jika nilai tambah tersebut dapat digunakan sebaik baiknya.

4 comments:

  1. tok..tok..tok
    berkunjung ke rumah Bung Roni
    berdiri di beranda....
    ada kopi..?

    ReplyDelete
  2. Selamat sore dan terima kasih sudah berkunjung om. Sudah Hampir 2 minggu ini mengelola rumah sendiri dulu hehehe

    Kopinya silahkan di sruput mumpung lagi panas panas nikmat om hehehe

    ReplyDelete
  3. mantap nih kang artikelnya. ane mang paling senang memanfaatkan media online. bebas n gak ribet. apalgi satu hal yg paling penting (bagi sy pribagi), melalu media online ane bisa daptkan hal2 baru n ilmu yg selama ini belum diketahui.

    keep posting, salam sukses, and salam blogger jg ^^

    ReplyDelete
  4. terima kasih apresiasinya Jejak Puisi. oh iya barusan aku mengirimkan puisi. mohon di simak ya, terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.