Home » » Blogger Tidak Hanya Sekedar Ngeblog

Blogger Tidak Hanya Sekedar Ngeblog




Dari sekitar 50 juta pengguna internet di Indonesia ada skitar 2.7 juta yang    sebagai Blogger. Mereka pada umumnya menggunakan blog tersebut dalam beragam alasan. Beberapa diantaranya menggunakan itu sebagai media pembelajaran, hiburan dan berusaha mencari penghasilan (bisnis). (http://www.indonesiafinancetoday.com & https://nurrahmanarif.wordpress.com)

Berawal dari mencoba, karena kebutuhan atau tanpa tidak disengaja berhubungan dan mengenal internet, tidak dapat dipungkiri diantaranya akan ketagihan dan tidak bisa lepas dalam kesehariannya dengan internet. Bahkan kebanyakan internet telah menjadi bagian yang tidak bisa di pisahkan dalam kesehariannya. Yang kemudian disebut juga sebagai kebutuhan primer/pokok.

Membuat sebuah blog pribadi atau biasa di sebut ngeblog adalah salah satu pilihan yang banyak di gemari oleh pengguna internet. Berikut adalah beberapa alasan menjadi blogger sebagai pilihan pengguna internet.

Pertama,  Ngeblog sebagai media aktualisasi diri. Dalam hal ini nge-blog adalah sebagai upaya mengekspresikan  dirinya sendiri. Dalam artian melalui ngeblog seseorang akan menunjukkan kehadiranya dalam penafsiran tentang kehidupan, menyikapi terhadap sebuah pernyataan atau keadaan lingkungan, hingga aktifitas dan harapan akan di ekspresikan dalam media Blog ini. 

Dalam hal ini nge-blog sangat berkaitan dengan personal branding, sehingga  seorang blogger akan memiliki jati diri dan wadah untuk memperkenalkan dirinya. Berikutnya orang lain akan bisa menghubungi dan meilhat profilnya secara lengkap/sebagaian yang mengarah pada identitas, kepiawaian dan potensi yang dimiliki dari blogger tersebut.

Kedua, Sharing and connecting. Seorang blogger akan memiliki kesempatan untuk mengekpresikan imajinasi dalam bentuk tulisan, audio dan audio visual.semua yang telah dibuat itu di publikasikan dan tentunya akan mendapat  saran, kritik dari para penyimaknya.

Sebagai sorang Blogger pintu komunikasi yang terjalin akan terbuka lebar. Dalm hal ini sebuah Blog bisa berupa markas besar sebagai pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang di ikuti. Sehingga dari blog tersebut akan tehubung ke akun Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, dll.

Dengan demikian, Feedback dari journal, reportase dan opini yang di posting akan menjadikan acuan atau titik tolak pada peningkatan dan pembaharuan selanjutnya. dan tidak menutup kemungkinan relasi akan dengan cepat didapat dari berbagai kalangan. Karena dalam dunia maya tidak ada batasan seseorang dan dari kalaman manapun untuk mengakses situs, blog yang di sukainya, selama dia di ijinkan atau bisa mengaksesnya.

Analoginya, seseorang dari kalangan biasa tentu akan sulit untuk berkomunikasi dengan penulis, artis atau pejabat pemerintah di dunia nyata. Tapi dalam dunia maya semua batasan itu nyars tidak ada, sehingga ketika keran komunikasi di buka, otomatis siapapun bisa berkomunikasi dengan orang/kelompok lain. Dalam hal ini, lintas Agama, budaya, profesi dan jarak yang jauh pun bisa dilakukan.

Ketiga, sebagai media usaha/bisnis. Selain keuntungan moril yang berupa bertambahnya relasi, saran serta kritik terhadapa pengembangan diri dll, seorang blogger juga bisa mndapatkan keuntungan Material. Dalam hal ini upaya yang biasa di lakukan ada dua macam yaitu direct income dan indirect income.

Direct income adalah pendapatan atau hasil materi dari blog dimana hasilnya tersebut didapat secara langsung. Upaya ini dilakukan dengan salah satu contohnya adalah meningkantaan kualitas dan intensitas blog yang kita miliki. Sehingga seorang blogger bisa menawarkan blognya sebagai media Iklan perusahaan, organisasi dll untuk menempatkannya dalam blog yang dia kelola. Hal ini bisa dilakukan jika intensitas pengunjung blog serta konten blog yang dikelola tersebut memiliki daya jual. Yang paling utama dalam hal ini adalah intensitas pengunjung.

Seorang blogger juga bisa menjual spot banner, Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. Sebegai contoh, seorang blogger bisa membuat potongan panduan, atau bentuk hiburan yang membaut penyimaknya penasaran. Sehingga untuk melanjutkan mengikutinya harus membayar. Hal seperti ini memang sudah kurang efektif untuk saat ini dimana kecenderungan user lebih suka yang free ketika mengakses apapun.

Indirect income adalah pendapatan materi yang dilakukan secara tidak langsung. Sebagai contoh sederhana adalah, ketika seorang blogger memiliki kemampuan tertentu bisa memposting beberapa ulasan atau opini yang berhubungan dengan kemampuannya. Selanjutnya seorang blogger tersebut bisa menawarkan jasa pembuatan, analisa dan apapun yang berhubungan dengan bidang yang dikuasainya. Dengan kata lain, blogger tersebut menggunakan blognya sebagai media promosi untuk dirinya sendiri.

Disisi lain Blog yang digunakan sebagai media untuk promosi produk. Blogger yang juga sebagai produsen tersebut menjadikan blognya sebgai media promosi yang efektif dan efisien. Karena selain. Mengingat untuk menjadi seorang blogger tidak begitu banyak memakan biaya, selama kemampuan yang dimiliki serta fasilitas untuk online tersedia. Hal ini tentu akan berbeda jika dibandingakan dengan memasang iklan di media cetak dan elektronik pada umumnya, seperti Koran, radio, televisi dll yang memerlukan biaya cukup besar.

Keempat, Stress Release dan mengekspresikan emosi. Pilihan yang tentunya menjadi paing dominan dan menjadi awal seorang blogger mencapai popularitas, personal branding dan bahkan penghasilan material adalah media merefleksikan seluruh emosinya.

Tidak jarang, para Blogger  sukses memulai aktivitasnya ketika mengisi waktu luang saja. Dikemudian hari aktivitasnya tersebut mulai terarah dan menjadikan konten dalam blognya menjadi menarik dan sesuai untuk user internet yang menemukannya dalam mesin pencarian (browsing).

Pada saat itulah kulitas Blognya diakui oleh pengunjung dan secara langsung akan mendapat apresiasi yang beragam. Ketika kualitas dan kuantitas Konten terus diperbaharui. Maka kredibilitas blogger tersebut telah siap untuk mengarahkan blognya ke arah komersial. Tentu saja ini tidak merepotkan karena dari awal, blog yang di kelolanya tersebut adalah sebuah Emotion release yang berupa ekpresi dari seorang blogger yang bersangkutan.

Menyoal Blogger sarat dngans segala kemudahannya, tentu memiliki sisi positif dan negatirnya jika dibandingkan dengan media lain yang dikelola oleh team atau banyak orang. Dalam hal ini blog yang digunakan Blogger untuk mengaktulisasikan dirinya memiliki kelemahan dalam pengeditan (penulisan serta content dalam blognya), karena pada umumnya sebuah blog dikelola oleh blogger yang bersangkutan.

Lebih jelas, berikut adalah kelebihan dan kekurangan blog sebagai media yang dikelola oleh satu user atau single user.
Kelebihan
Kekurangan
Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpan link yang memuat tulisan. Atau langsung mengkopas/mendownload nya.
Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media blog biasanya tidak seakurat media lainnya yang dikelola oleh banyak user.

Sangat cepat, dari segi waktu seorang blogger bisa dengan cepat menyampaikan/mempublikasi berita, opini dan semua hal yang uptodate.
Karena bebas di akses kapan pun, dimanapun dan siapapun. Terkadang tulisan yang ada adalah berupa berita bohong, dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
Hanya akan bisa di akses ketika jaringan internet berjalan dengan baik. Dan salah satu hal yang paling berperan adalah Listrik, peralatan dan SDM (user Internet).

Dari kebebasan publikasi yang ada dalam sebuah blog. Tidak menutup kemungkinan karya tulis baik berupa fiksi ataupun nonfiksi yang di publikasi tersebut adalah karya yang belum teruji kebenaran atau bisa tidaknya dinikmati karya tersebut. Bahkan kerap kali terjadi publikasi yang secara sengaja ataupun tidak dapat menyulut sebuah konflik antara seseorang/golongan tertentu dengan yang lainnya.

Beberapa pengguna internet bahkan sengaja mengundang konflik atau perseteruan dalam produk tulisan yang di publikasi tersebut. Hal ini dimaksudkan agar blog sebagai media tempatnya mempublikasi banyak dikunjungi oleh para pengguna internet. Keadaan ini memang menjadi keberuntungan tersendiri. Karna Viewer akan secara otomatis tercatat dan itu merupakan poin tersendiri yang bisa dijadikan modal utama untuk dijual secara langsung (menjual akun tersebut) ataupun secara tidak langsung (contoh : pemasangan iklan dalam blog yang banyak dikunjungi tersebut).

Menyikapi kontroversi tulisan yang mengandung unsur permusuhan tersebut. Kedewasaan pembaca tentu menjadi dinding yang akan senantiasa menjaga agar kita tidak larut dalam pertikaian yang dibuat oleh penulis tersebut. Dan biarlah itu semua menjadi sebuah fenomena yang melengkapi keaneka ragaman dan keunikan yang ada dalam sebuah Blog.

Terlepas dari keberadaan di atas. Sebuah  memang sangat membantu para penulis yang baru mulai belajar untuk mempublikasi tulisannya. Seperti halnya saya pribadi yang merasa sangat terbantu ketika ingin mendapatkan kritikan dan saran sebagai tindak lanjut dari tulisan yang di publikasi dalam sebuah blog. Sehingga dikemudian hari, kritik dan saran tersebut akan menjadi tolak ukur dan masukan yang sangat berharga untuk membuat karya tulis yang diasumsikan lebih baik dari sebelumnya. Karna untuk mempublikasi dalam media cetak belum tantu semudah dan se-instan seperti dalam sebuah blog.

Demikianlah, semoga kita senantiasa bisa menggunakan sebuah blog ini sebagai media pembelajaran yang akan membawa kita pada keadaan yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan dari sekian konflik dalam dunia maya itupun pasti akan banyak hikmah yang dapat di raih, jika kita bisa memilah-milahnya untuk dijadikan sumber inspirasi dan renungan dalam kehidupan nyata.


****O****

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.