Home » » Apa Manfaat Page Rank Bagi Blogger?

Apa Manfaat Page Rank Bagi Blogger?

http://www.smashingmagazine.com

PageRank adalah link analisis algoritma yang digunakan oleh Google Internet search engine , yang memberikan bobot numerik untuk setiap elemen dari hyperlink set dokumen, seperti World Wide Web , dengan tujuan " mengukur "kepentingan relatif di dalam set. Para algoritma dapat diterapkan untuk setiap koleksi entitas dengan timbal balik kutipan dan referensi. Bobot numerik yang akan menetapkan untuk setiap e unsur tertentu ini disebut sebagai PageRank dari E dan dilambangkan dengan P R (E) (Wikipedia)



Apa manfaat Page Rank bagi Blogger?

Blog yang mempunyai page rank tinggi biasanya akan mendapatkan posisi yang lebih bagus dihalaman mesin pencari dibandingkan dengan blog yang mempunyai page rank rendah. Contohnya: Sebuah situs yang memiliki Page Rank 9 akan diurutkan terlebih dahulu dalam halaman pencarian Google dibandingkan dengan situs yang memiliki page rank 8 dan seterusnya. Sehingga kemungkinan situs tersebut dikunjungi oleh pengguna internet semakin besar.

Oleh sebab itulah, para advertiser atau pemasang iklan lebih senang mempromosikan produk maupun jasanya pada situs yang berpage rank tinggi dibandingkan dengan situs berpage rank rendah. Dengan kata lain semakin tinggi page rank blog anda semakin mudah bagi anda untuk menghasilkan uang di internet.

Lalu bagaimana cara Google menentukan page rank sebuah website?
Ada banyak cara yang digunakan mesin pencari Google dalam menentukan ranking sebuah web. Seperti penggunaan Meta Tag, penekanan pada konten atau isi yang unik, inbound link, dan teknik-teknik lainnya.

Link popularity adalah sebuah teknik yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan pada teknik Meta Tag (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan merancang halaman khusus untuk search engine yang disebut doorway pages.

Page rank mempunyai konsep yang hampir sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan "jumlah" dari inbound dan outbound link saja. Melainkan juga menilai dari kualitas link yang mengarah ke situs tersebut. Contohnya situs A di link oleh 1 situs berPR 2 dan situs B di link oleh 2 situs berPR 1. Maka situs yang mendapat hasil yang bagus adalah situs A. Dan begitu seterusnya. (http://www.hermanblog.com)

Bagaimana cara meningkatkan PageRank blog/website kita?

Ada beberapa cara yang umum dilakukan, secara garis besar adalah :

Pertama, sering-sering lah berkunjung ke blog atau web orang lain dan isi buku tamu yang mereka sediakan, dengan demikian alamat URL anda akan berada di setiap blog yang pernah anda kunjungi.

Kedua,  daftarkan situs-situs anda di mesin-mesin pencari, misal di google, yahoo, OPen Directory, dll.

Ketiga, sering seringlah update di blog anda dan buatlah blog tersebut semenarik mungkin, sehingga akan banyak pengunjung dan merasa senang berada atau membaca tulisan atau apapu yang di update disana. Jika tidak, maka jangan harap anda akan mendapatkan PageRank yang tinggi.

Keempat yang saya rekomendasikan daftarkan DI SINI blog anda untuk meningkatkan page rank anda.

***
Untuk Mengecek PageRank anda silahkan langsung klik CHECKPAGERANK

Semoga bermanfaat

2 comments:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.