Home » » Hindari Kantuk di Pagi Hari [Tips Untuk Pelajar dan Pekerja]

Hindari Kantuk di Pagi Hari [Tips Untuk Pelajar dan Pekerja]

Semoga gambar ini tidak membaut anda mengantuk [http://nesca87.wordpress.com/]

Pada umumnya pagi hari adalah saat memulai aktifitas, baik itu bekerja, sekolah ataupun aktifitas lainnya. Pada saat itu, resiko mengantuk memang manjadi salah satu kendala atau halangan yang cukup memberikan efek dalam keseharian yang akan dilalui.

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari kantuk yang dimaksud tersebut juga gambar yang dimaksudkan agar anda tidak mengantuk di pagi hari. Semoga bermanfaat.

1. Orang dewasa membutuhkan sekitar delapan jam tidur setiap harinya. Karena padatnya jadwal kesibukan, biasanya yang terjadi hanya tidur sekitar lima sampai enam jam. Jadi usahakan tidur cukup pada malam hari.


Iini merupakan hal umum yang dapat terjadi. Karena alasan kuat atau alasan bisa mengantuk di pagi hari pada saat beraktifitas adalah karena kurang tidur atau tidur terlalu larut. Oleh karena itu jika memang bisa (tidak ada hal yang urgent) bagi anada yang akan beraktifitas di pagai hari harus membiasakan tidur tidak terlalu larut.


http://lintasbatas.grou.ps/

2. Lebih baik menjaga waktu tidur yang konsisten. Dengan demikian, pengaturan jam biologis Anda tidak menyimpang.





Kendala ini biasanya dialami oleh orang yang memiliki pekerjaan tidak tetap. Dalam artian pekerjaan yang menjadi aktifitasnnya tidak selalu pada pagi hari saja. Semisal orang yang bekerja siang atasu sore, namun sesekali mengharuskan mulai beraktifitas pagi sekali. Sehingga sulit untuk tidur tidak larut di malam harinya.
http://ezprezzo.com


3. Terlibat dalam ritual santai sebelum waktu tidur akan memastikan tidur nyenyak. Dengarkan musik yang menenangkan, membaca buku atau mandi air hangat dan segelas susu hangat akan menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

Terkadang, ritual seperti disebutkan diatas menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk membuat rasa kantuk anda dimalam hari datang. Karena beberapa orang yang membaisakan ritual di malam hari sesaat sebelum tidur, jika tidak melakukan hal tesrsebut bisa mengakibatkan hilangnya rasa kantuk. Bahkan ritual menggosok gigi saja, jika tidak dilakukan bisa membuat susah tidur hingga terbawa kedalam mimpi (mimpi buruk)

http://t1.gstatic.com

4. Tidur sejenak di sore hari dapat memperburuk kantuk di siang hari. Juga, cenderung mengganggu tidur malam Anda. 

Sore hari terkadang membuat anda merasa mengantuk dan ingin beristirahat sejenak. Namun itu akan membuat anda suah mengantuk di malam hari, oleh karena itu, usahakan untuk tidak tidur di sore hari. Karena biasnya jika dipaksakan untuk tetap terjaga, di malam hari anda akan cepat mersa ngantuk.
http://madcraic.com

5. Saat di tempat tidur tidak dianjurkan menonton televisi, menggunakan laptop atau bermain video game. Karena menuntut perhatian penuh dan merampok jam tidur.

Inilah kebiasaan yang perlu diwaspadai. Karena adanya barang elektronik, seperti televisi atau komputer juga laptop yang masih menyala di tempat tidur, biasanya akan membuat rasa kantuk tidak konsisten. Sebagai contoh ketika anda akan tertidur (merasa mengantuk) tiba tiba ada berita yang menarik atau tayangan hiburan yang membuat anda penasaran untuk menyimaknya, saat itulah anda akan kembali terjada dengan konsentrasi penuh. Oleh karena itu, hindari menonton tv atau menyalakan laptop di tempat tidur.
http://www.flixya.com

6. Berolahraga minimal 30 menit sehari, akan membantu tidur nyenyak di malam hari. Olahraga membuat kita bersemangat dan tidak mengantuk di siang hari.

Olah raga sangat membantu anda, ini bisa membuat rasa kantuk di malam hari datang karena tubuh yang sehat dan merasakan lelah yang cukup. minimal 30 hari saja di pagi hari sebelum mandi dan memulai aktifitas.
http://turre95.webs.com

7. Alkohol akan membuat tidur lebih baik itu hanyalah mitos. Akibat dari meminum minuman keras Anda akan terjaga di malam hari sampai efek alkohol habis. Dan pada gilirannya akan membuat Anda mengantuk di siang hari. 

Terkadang ada juga yang menggunakan meminum minuman beralkohol dengan asumsi bisa emmbuat kantuk datang lebih cepat dan merasa segar saat bangun di pagi hari. Munkin banyak yang merasa seperti itu, tapi sebetulnya itu adalah kebiasaan yang tidak baik. Karena selain ketergantungan, juga bisa merusak kesehatan.
http://www.tiptoptens.com

8. Makan makanan berat setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Melewatkan sarapan di pagi hari akan membuat Anda merasa mengantuk di siang hari. Jadi sebaiknya sarapan sehat di pagi hari. 

Ini yang paling penting, karena bisanya mitos kita adalah setelah makan akan menimbulkan kantuk. Sehingga menghindari sarapan di pagi hari. Padahal, justru dengan tidak sarapan akan merasakan kantuk disiang harinya. Jadi jangan takut untuk sarapan, selain baik untuk kesehatan, ini juga bisa emmbuat anda tidak mersakan kantuk saat beraktifitas.

Bonus, gak ada daging Telorpun jadi daging Sapi. wkwkwkkw
Eit jangan lupa berdoa sebelum sarapan ya!

Maisya Ni'am Furry FB


***

Referensi : http://www.mediaindonesia.com


5 comments:

  1. Nice share
    Adsens kini sudah mendukung bahasa Indonesia
    Lebih jelas baca:
    Google AdSense sudah mendukung bahasa Indonesia

    ReplyDelete
  2. trims sudah berkunjung

    ReplyDelete
  3. keren tips nya mas... tapi, gambar2 tuh kayak nya lebih keren lagi... ngakak liat nya.... wkwkwkkwkwk

    ReplyDelete
  4. fefancharhulu@ymail.com7:42 AM

    mantap...!!

    ReplyDelete
  5. gambarnya lucu,,,yang nyium ketek jorok banget

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.