Home » » Dongeng Anak Nusantara

Dongeng Anak Nusantara

http://anaknusantara.com/

Dongeng anak dan dongeng legenda di Nusantara dahulu kala digunakan sebagai media penyampaian petuah, nasihat dan segala macam nilai-nilai luhur tentang kehidupan oleh orang tua pada anak-anaknya, guru pada murid-muridnya, atau orang-orang bijak yang dianggap bertuah pada masyarakat dijamannya. Kerap disebut dengan ‘Sastra Lisan’, dan berhasil bertahan hingga dewasa ini. Sebut saja legenda Malin Kundang, Sangkuriang, Atu Belah, Roro Mendut, dan banyak lagi. Ada perbedaan mencolok antara DONGENG ANAK NUSANTARA dengan dongeng-dongeng anak dari macanegara, diantaranya:

Dongeng Anak Nusantara selalu berisi nilai-nilai kehidupan yang digali dari adat dan kebiasaan setempat (local indigenous).Dongeng Anak Nusantara menggunakan bahasa yang sekelas sastra, dituturkan dengan penuh keindahan.Sementara dongeng anak dari mancanegara biasanya mengisahkan seputar istana dan kemewahan, raja, raksasa, putri yang cantik, pangeran berkuda, dan berakhir dengan pesta. Ini sama sekali bukan budaya Nusantara, bukan ciri khas bangsa kita. Alangkah berdosanya kita yang hidup di era global ini, bila melupakan dan menganggap remeh apalagi membiarkan harta warisan Bangsa Indonesia yang berupa ‘Local Indigenous’ ini hilang dan mungkin saja musnah tak bersisa. Bagaimanapun budaya yang luhur ini telah ikut andil membentuk kepribadian Bangsa Indonesia, baik dari sudut mental kejiwaan, budaya, pendidikan dan secara keseluruhan budi pekerti bangsa Indonesia.

Untuk membaca ratusan Dongeng dan cerita anak, silhakan kunjungi website yang menyediakan kumpulan dongeng dan cerita anak . DISINI, yaitu sebuah website yang terdiri dari berbagai penulis yang menceritakan cerita anak.

2 comments:

  1. wow...blognya keren...
    Artikelnya juga menarik dan bermanfaat...
    Saya suka sekali..
    Saya juga punya sebuah blog yang banyak membahas tentang lagu-lagu anak...
    Mari berkunjung ke blog saya...soalnya ada juga lagu-lagu anak karya saya sendiri lho...
    semua ada di http://lagu2anak.blogspot.com

    Kak Zepe

    ReplyDelete
  2. makasi ya. dan tadi sudah melihatnya. sip banget dan original. salut banget smoga kedepannya bisa makin sukses ya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.