Home » » Cara Cerdas Mendapatkan Pengunjung di Blog/Web.

Cara Cerdas Mendapatkan Pengunjung di Blog/Web.





Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya, melalui tulisan-tulisan dan gambar yang dimuat dalam sebuah postingan. Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog)



Ketika sebuah blog dibuat, beragam kepentingan dan maksud tertentu menjadi alasan. Karena blog tersebut memang menjadi sebuah media yang bisa dengan fleksibel. Dalam artinya, selama bisa mengakses internet, maka dimanapuin dan kapanpun pengelolaannya bisa dilakukan. Terlepas pempuatannya dikelola secara pro atau memang hanya pembuatan dengan alasan mencoba dan belum memahami tertang blog.


Ketika pembuatan blog sudah menjadi media publikasi dan portal perusahaanyang bisa dijadikan sumber pendapatan. Maka kriteria penentu keberhasilan sudah terencana sejak awal pembuatan blog/web tersebut. Baik secara secara moril maupun material, tentu kriteria keberhasilan sebagai pertanda kesuksesan tersebut sudah menjadi tergetan yang harus diraih.



Salah satu daru kriteria tersebut, adalah dengan banyaknya pengunjung yang datang dan tidak bosan untuk kembali lagi. Oleh karena itu, baik konten pengelolaannya maupun cara mengajak pengunjung menjadi sebuah keharusan untuk di kuasai. Minimal, penguasaan itu adalah seputar bagaimana orang mengunjungi dan akan kembali lagi datang berkunjung.


Berikut adalah tips agar pengunjung gemar datang ke blog/web kita :


Jadilah yang luar biasa


Ketika kita berada dalam sebuah komunitas. Jadilah yang tidak biasa. Salah satu alasan Celebrity Gossip sangat populer adalah karena kontroversi dan drama yang berhubungan dengan kehidupan mereka. Jadi untuk memulai: menjadi menulis yang luar biasa pada topik yang kontroversial.


Cara ini adalah bagaimana kita bisa menjadi sosok yang terlihat berbeda dengan orang lain. Seperti halnya ketika orang lain membicaakan sebuah persetujuan dalam komunitas tertentu, maka kita harus menjadi berbeda dengan orang kebanyakan. Sehingga akan mendapat sorotan dan perhatian dari orang banyak.


Hal ini tentu beresiko tinggi, karena bisa saja orang akan menyerang atau mencemooh kita dengan ungkapan mencari perhatian.


Lain halanya dalam dunia blogger, terkadang seorang blogger mencoba konten pada blognya yang berisi kontroversi. Ini tentu menguntungkan jika dilihat dari trafic pengunjung (jika berhasil memancing kontroversi) ke blog yang kita kelola. Namun,bisa saja blog tersebut akan memiliki cintra yang buruk, sehingga dikemudian hari, orang akan malas untuk berkunjung lagi.


Menjadi ahli


Cara ini adalah ketika kita harus menjadi sosok yang dinilai ahli atau menguasai banyak tentang sesuatu, kemudian memberikan memberikan sebuah suguhan yang yang bermanfaat bagi pembaca blog/web adna, dan memberikan memberikan informasi yang terus berkembang. hal itu dapat digunakan sebagai referensi bulan di jalan atau bahkan tahun kemudian. Menjadi sumber bacaan dan pelengkap penulisan bagi orang lain.


Dengan cara ini, pengunjung akan merasa senang dan tidak sia-sia telah berkunjung ke blog/web anda. Disisi lain, dikemudian hari mereka akan kembali lagu untuk membaca/melihat ulang konten yang anda sajikan. dengan cara itu, mereka akan menyebut bahwa adan adalah pengelola yang handal dan layak menjadi sumber referensi.


Submit ke Direktori Artikel


Cara lain adalah untuk mengirimkan artikel ke artikel direktori setiap artikel untuk menghubungkan, blog/web kita ke beragam situs/web. Jika pembaca menyukai apa yang mereka baca melalui kutipan yang kita buat, maka mereka akan ingin tahu lebih banyak. Sehingga mereka akan klik pada profil kita dan melihat link ke web atau blog yang kita kelola.


Memberikan informasi yang cukup


Jika Anda bisa adalah menjawab pertanyaan serangkaian pertanyaan, memecahkan masalah atau memberikan detail pada topik yang sedang di bahas. para penyimak bahasan tersebut ingin tahu tentang kita.


Kadang-kadang orang ingin tahu apa yang dikatakan orang lain tentang suatu produk sebelum mereka memutuskan untuk membelinya atau tidak. Jadi, sangat membantu jika kita memiliki pengetahuan tentang produk tersebut.


Belajar dari blogger lain


Banyak blogger yang memposting tentang cepat dansederhana atau aneka trik and tips, selain itu ada juga yang memposting cara untuk meningkatkan pengunjung. Cara cara itu beragam, dari cara cepat, curang bahkan dengan cara yang tidak sehat/baik. Oleh karena itu, kita harus mengetahui dan memahami semuanya, selain agar bisa digunakan, juga bisa menjadi antisipasi jika ada kecurangan yang dilakukan oleh orang lain terhadap blog/web kita. Sebagai contoh adalah dengan adanya Spam. 


Selain itu bisanya ada juga trik untuk memeprcantik tampilan blog yang kita kelola. oleh karena itu, jangan segan untuk belajar dari blog/web yang lain.


Beberapa hal yang harus kita perhatikan adalah bahwa ketika mendapatkan pembaca  via berlangganan RSS Feed (feedburner)  kita sebaiknya selalu memberikan informasi baru secara konsisten, yaitu dengan cara posting, minimal dua kali perhari, agar pemberitahuan email terbarunya ada yang kita kirimkan melalui blog/web (postingan terbaru).




Semoga bermanfaat...


***


Sumber referensi: 
http://researchanalyst.hubpages.com/hub/How-to-increase-page-views-of-your-blog--hub-or-site

4 comments:

  1. Maaf sob, blog ane cuma kasih software yg sifatnya freeware bukan shareware seperti corel :) mungkin dblog lain ada hehe

    ReplyDelete
  2. wah.. mantaf tipsnya, perlu nih diPraktekkan, makasih yah... salam kenal.

    ReplyDelete
  3. Betul om kucobauntukjadiyangterbaik benar-benar mantaf tipsnya.
    Salam kenal ya...

    Kalau ingin jualan jangan lupa kunjungi http://duniatoko.com ya...
    Trimakasih...

    ReplyDelete
  4. o gitu ya makasi infonya gan n nice artikel

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.