Home » » Kereta Api Batik, Sarana Transportasi Menawarkan Budaya Nasional

Kereta Api Batik, Sarana Transportasi Menawarkan Budaya Nasional



Peluncuran  KA Batik yang diberi nama “Rahayu Neng Bawono”  pada hari selasa 15 februari 2011, merupakan sarana transportasi yang bisa mewakili salah satu produk dalam negri ini.
Motif batik yang membalut KA tersebut, didesain seniman jebolan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRDITB) dibawah koordinasi Yosep Adiguna, merupakan  motif batik Trusmi Cirebon Jawa Barat, batik Mega Mendung dan ragam batik Puwokerto, Yogya dan Solo. Dengan lukisan bunga, burung merak, kupu-kupu dan wayang.
Keindahan yang membalut sarana Transportasi yang notabene dipergunakan dan kehidupan sehari hari oleh penggunanya tentu menjadi  media advertising yang tanpa disadari efektif mengenalkan budaya Nasional.
Keindahan yang membalut KA tersebut memang diakui keindahannya dan menjadi terobosan dalam menghiasai sarana transfortasi, hal ini terbukti dengan tercatatnya dalam rekor (MURI) sebagai KA batik pertama di Indonesia, bahkan di dunia.
Untuk saat ini memang baru satu saja KA yang dihisai balutan batik ini dengan jurusan Statsion Bandung- Gambir Jakarta.
Upaya ini memang menjadi salah satu cara  memelihara dan  melestarikan Batik sebagai warisan Budaya Nasional, sama halnya dengan penggunaan batik pada seragam Perkantoran dan para Pramugari yang senantiasa berinteraksi dengan turis Lokal maupun International.
Dengan demikian semoga kedepannya kita, lebih mengenal dan mencintai Budaya Nasional warisan leluhur kita (khususnya batik) dalam semua kekreatipan kita dalam semua aktifitas yang kita lakukan.
Salam Kreatif dalam melestarikan Budaya Nasional.
***************
***************
Dari berbagai Sumber :

4 comments:

  1. blog dan arikel nya sangat menarik
    terimakasih atas info nya
    ditunggu update selanjut nya

    ReplyDelete
  2. blog nya bagus
    dan artikel nya sangat menarik sekali
    terus berkreasi gan

    ReplyDelete
  3. keren banget gan info nya dan sangat bermanfaat
    terimakasih sudah share info yang bagus

    ReplyDelete
  4. Semoga Industri keratif batik made in Indonesia tetap lestari, sampai kapan pun juga. Oleh karena itu kami sebagai Pengrajin Batik di Wisata Kampung Batik Giriloyo mempromosikan potensi kampung kami yakni sebagai Pelatihan Batik Yogyakarta

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.