Home » » Shampoo Bisa Merusak Kesehatan

Shampoo Bisa Merusak Kesehatan



Asumsi yang biasa di pahami masyarakat pada umumnya tentang perawatan rambut adalah: Perawatan yang baik berarti melakukan keramas dengan menggunakan shampoo. Ini biasa di sebut dengan shampooan atau keramas.

Keramas tersebut adalah sebagai upaya perawatan yang berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan. Sehingga melakukan pembersihan rambut/keramas (biasanya menggunakan shampoo) menjadi sebuah keharusan. Yang kemudian keramas dengan menggunakan shampoo menjadi suatu hal yang biasa dilakukan. Karena jika mandi atau membasahi rambut tanpa menggunakan shampoo rasanya belum lengkap disebut keramas.

Terkadang keramas (dengan menggunakan shampoo) dilakukan setiap mandi. Sehingga jika pagi dan sore mandi maka secara otomatis akan menggunakan shampoo 2 kali sehari. itu adalah hal yang salah jika jenis rambut yang dimiliki adalah jenis rambut normal dan tidak melakukan aktifitas yang mengeluarkan keringat atau minyak. Karena rambut bisa lebih kering dan terkikis.

Selain itu cara membilas rambut yang telah menggunakan shampoo dengan kurang bersih, akan mengakibatkan penumpukan kotoran di kulit kepala dan rambut. Ini adalah hal yang sangat mempengaruhi kesehatan rambut kita. Selain akan rentan terhadap timbulnya ketombe, juga akan membuat rasa gatal cenderung lebih cepat ketika kepanasan atau mengeluarkan keringat.

Diagnosa tentang rambut yang dimiliki serta pilihan jenis shampoo yang digunakan, akan membuat perawatan yang kita lakukan tidak salah kaprah. Sehingga penggunaan shampoo dan frekuensi keramas bisa membuat rambut kita lebih sehat. Ini untuk menghindari kesalahan pilihan shampoo yang akan digunakan. Sehingga keramas akan menyehatkan dan bukan sebaliknya (merusak rambut dan kulit kepala).

Berikut adalah beberapa tips terhadap karakter kulit kepala dan jenis pilihan shampoo yang sesuai untuk digunakan:

Pertama, Jenis Kulit kepala dan rambut normal. Untuk jenis ini frekuensi keramas jangan terlalu sering. Cukup seminggu 2 kali karna akan membuat kulit kepala kering dan mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang cepat, sehingga menimbulkan ketombe. Boleh juga tiap hari keramas jika melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat atau kegiatan di luar ruangan yang rentan polusi/kotor. Pilihan shampoo yang tepat diantaranya mengandung essential fatty acids. Formula ini mengandung ekstra pelembab, manfaatnya tentu untuk menjaga kelembaban rambut.

Kedua, Jenis kulit kepala dan rambut berketombe. Untuk kulit kepala jenis ini sebaiknya memilih shampoo yang mengandung bahan aktif untuk membasmi ketombe, seperti zinc phyrithione, selenium sulfide, ketoconazole, tea-tree oil, atau sulfur. Berikutnya perlu diperhatikan, karna bahan aktif tersebut cenderung membuat kulit kepala kering. Karena itu, jika ketombe sudah hilang, kembali gunakan shampoo yang sesuai dengan kulit kepala normal atau kering sebagai pengganti sampo antiketombe.

Ketiga, Kulit kepala dan rambut berminyak. Untuk jenis ini disarankan keramas setiap hari. Pilihan shampoo yang tepat adalah yang mmiliki banyak bahan pembersihnya.Pijatan bo-leh dilakukan, namun jangan terlalu lama dan keras, karena dapat menstimulasi kelenjar minyak. Yang perlu diperhatikan adalah zat pembersih aktif yang terkandung di dalamnya, jangan yang terlalu keras karena bisa timbul iritasi. Pilih yang lembut untuk pemakai-an sehari-hari. diantaranya adalah yang mengandung mengandung essential fatty acids. Karena ini mengandung bahan yang bisa melembabkan rambut dan kulit kepala.

Keempat, jenis rambut yang lebat, kasar, ikal (bergelombang) dan keriting. Untuk jenis ini sebaiknya mnggunakan shampoo yang kaya akan pelembab. Sehingga rambut tidak akan mengembang.

Kelima, Jenis rambut halus dan terlihat lepek (terlihat sedikit). Untuk jenis ini hindari pemakian pelembab sehingga rambut tidak akan terlihat jarang-jarang. Rambut jenis ini disarankan untuk menggunakan produk shampoo yang mengandung nutrisi penumbuh serta memberikan kekuatan pada rambut.

Berikutnya untuk mengetahui kandungan yang ada dalam produk shampoo yang akan kita gunakan, kita bisa melihatnya dari setiap kemasan shampoo tersebut. Karena biasa di tuliskan kandungan yang ada serta digunakan untuk jenis rambut penggunanya.

Lebih baik jika kita menggunakan shampoo yang hanya untuk satu jenis rabut saja. Artinya hidari pemakaian shampoo 2in1 atau jenis shampoo yang kegunaannya dobel dalam sebuah produk. Ini dimaksudkan untuk menghindari ketidak tepatan kandungan dalam shampoo yang digunakan.

4 comments:

  1. ternyata memilih shampoo tdk hanya wangi tapi yg sesuai dgn karakter kulit kepala jg ya

    ReplyDelete
  2. terima kasih tips nya
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. ternyata banyak jg efek samping dari shampoo.
    terima kasih infonya,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. artikelnya menarik,,terimakasih telah berbagi informasi,saya tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak Spam.... kalau tidak punya akun blogger silahkan pilih Name / URL isikan nama dan email juga bisa, atau kosongkan URL. Mohon maaf Live Link, langsung akan saya hapus.

.